5 Cara Mengatasi Komputer dari Virus dengan Mudah

Virus komputer merupakan sebuah program komputer yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menyebar virus melalui cara menyisipkan salinan dirinya ke program ataupun dokumen lain. Bagi anda yang komputernya terkena virus tentu akan merasa kesal dan sangatlah penting untuk mencoba cara mengatasi komputer dari virus. Ada beberapa cara mudah yang dapat anda coba agar data-data anda tidak hilang begitu saja. Berikut caranya :
 
1. Menghapus Temporary File
Cache dan cookies pada browser seringkali menjadi tempat virus yang dapat membahayakan komputer. Oleh karena itu bersihkan cache dan cookies pada browser, serta windows jika anda ingin menghapus virus dari komputer anda.
Buka RUN lalu ketikkan %tempt% kamudian hapus semua isi temporary file, hapus juga recycle bin dengan cara klik kanan pada ikon recycle bin lalu pilih empty recycle bin.
 
2. Reset System Restore
Windows memiliki fitur system restore yang berguna jika terjadi sesuatu masalah pada komputer ataupun sistem. Kita dapat mengembalikan sistem kembali seperti semula dengan system restore. Tapi perlu diingat, system restore juga sering dipakai sebagai tempat bersarangnya virus.
Untuk mereset sistem, anda hanya perlu mematikan system restore dan kemudian mematikan komputer. Hidupkan kembali sistem restore maka file yang dulu tersimpan sudah dihapus dan diganti dengan yang baru.
3. Scan Komputer dengan Antivirus Secara Menyeluruh
Jika di komputer anda terdapat antivirus, maka lakukan scanning secara menyeluruh ke semua partisi harddisk agar terdeteksi virus yang ada pada komputer. Apabila pada komputer anda terdapat virus, maka segera hapus. Menggunakan antivirus dapat membantu komputer untuk mengenal virus yang ada pada komputer anda.
 
4. Scan Dengan Save Mode
Jika anda merasa scanning normal tidak cukup membantu, maka anda dapat melakukan scanning melalui save mode. Ketika melakukan save mode, maka windows berjalan dalam kondisi yang minimal dan hanya driver tententu saja yang aktif. Software tidak akan aktif dan virus yang sebelumnya tidak bisa dihapus akan menjadi tidak aktif pada save mode sehingga anda dapat menghapusnya.
 
5. Window Defender
Suatu program keamanan bawaan windows yang dapat juga digunakan untuk menghapus virus. Jika anda belum memiliki antivirus ataupun belum menginstalnya, maka anda dapat menggunakan windows defender.
 
Anda dapat melakukan scanning normal saat komputer anda digunakan atau anda juga bisa melakukannya secara offline. Menggunakan windows defender lebih disarankan karena proses sacanning melalui program ini akan dilakukan sebelum masuk windows atau ketika booting.
Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengatasi komputer dari virus yang dapat anda lakukan sendiri. Cara diatas cukup mudah dan semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas. Selamat mencoba.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Close Menu