Cara Mengganti Default OS Dual Boot Pada Kali Linux

Cara Mengganti Default OS Dual Boot Pada Kali Linux ~ teman-teman kujangtekno disini pasti ada kan diantara kalian yang di komputer atau laptopnya itu dual boot (dua OS) antara linux dan windows, Pasti ada yang bertanya-tanya bagaimana cara mengganti default OS saat pemilihan OS saat boot. Nah pada kali ini saya akan share bagaimana caranya mengubah default OS saat Boot di linux, jadi teman-teman tidak perlu repot lagi jika ingin masuk windows cukup diamkan saja saat pemilihan nanti secara default akan masuk windows.

Baca Juga :
Mengatasi Lemot Saat Update Maupun Upgrade Di Kali linux

Cara Mengganti Default OS Dual Boot Pada Kali Linux

  1. Pertama-tama teman-teman harus tahu dahulu pada posisi berapa windows saat pemilihan, hitungannya dimulai dari nol ya *bisa dilihat difoto dibawah ini, biasanya sih windows berada dipaling bawah.
    Cara Mengganti Default OS Dual Boot Pada Kali Linux
  2. setelah kalian tahu diposisi berapa windowsnya langkah selanjutnya adalah membuka file grub dengan perintah.

    gedit /etc/default/grub

  3. carilah kata GRUB_DEFAULT=0
  4. setelah itu ganti angka 0 menjadi angka posisi windows berada untuk kasus saya menjadi seperti ini GRUB_DEFAULT=2 *lihat gambar dinomor 1
  5. jika kalian ingin mengganti berapa lama saat pemilihan kalian bisa ganti angka GRUB_TIMEOUT=5 menjadi yang kalian inginkan secara default ini adalah 5 detik
  6. jika sudah selesai mengedit lalu save
  7. setelah selesai mengedit file grub jangan lupa untuk mengupdate grub dengan perintah.

    update-grub

Jika sudah berhasil kalian tinggal restart komputer atau laptop kalian untuk sekedar memastikan saja. Cukup mudah kan ? oke sekian cara mengganti default os dual boot pada linux.

Tinggalkan Balasan