Inilah 2 Langkah Cara Membuat Bootable dengan Mudah

2 Langkah Cara Membuat Bootable ~ Anda mungkin sempat bertanya cara membuat bootable untuk install ulang yang mudah dan aman. Atau anda juga menginginkan untuk menginstall ulang windows anda yang dipastikan harus melalui bootable lainnya, windows 10 misalnya. Dulu memang sudah terbiasa menggunakan media CD atau DVD kemudian diburning.
Namun, karena pesatnya perkembangan teknologi, anda bisa membuat kedua media itu digantikan oleh flashdisk. Jika selama ini anda merasa kesulitan, anda bisa mengetahui cara membuat bootable dari ulasan dibawah ini.
 
Langah Pertama Cara Membuat Bootable
Di Tahap pertama ini, anda bisa mendownload terlebih dahulu Media Creation Tools. Kemudian, jalankan aplikasi tersebut dengan memilih create installation media for another pc. Pilih jenis bahasa, lalu edisi windows dan arsitektur. Jika anda tidak mengetahui arsitektur mana yang harus anda gunakan, anda bisa memilih both dengan ukuran ISO sedikit lebih besar. Misalnya sekitar 6 GB.
Kemudian, anda akan menemukan dua pilihan. ISO file atau USB Flash Drive. Disini, anda bisa langsung memilih USB Flash Drive. Namun, saran yang lebih baik adalah membuat ISO lebih dulu sehingga ketika pada proses membuat bootable gagal, anda tidak harus download kembali. Pilih lokasi file ISO yang akan disimpan. Tunggu hingga prosesnya selesai karena waktu yang dibutuhkan akan sama dengan kecepatan download anda.
Perlu diketahui jika anda sudah memiliki ISO file, anda bisa langsung berada di tahap kedua ini. Download dan jalankan terlebih dahulu windows 7 USB/ DVD Download Tool. Meskipun windows 7, anda tak perlu khawatir sebab aplikasi ini tetap bisa anda gunakan sebagai cara membuat bootable. Pilih ISO Windows 10 yang telah anda unduh sebelumnya.
Pilih tipe media yang akan anda jadikan bootable. Dalam kasus ini, anda harus memilih USB Device. Namun, jika anda ingin mengunakan DVD tetap bisa juga dilanjutkan. Pilih flash drive yang anda inginkan. Sebaiknya, flashdrive yang ingin dijadikan bootable memiliki kapasitas 8 GB. Perlu anda ketahui bahwa proses ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan karena harus dilakukan format terlebih dahulu.
 
Setelah anda yakin dan memilih erase USB drive untuk mengosongkan flash drive, anda bisa menunggu prosesnya selesai. Biasanya pada proses ini memakan waktu kurang lebih 30 menit karena tergantung pada kecepatan transfer dari flashdrive yang sudah anda miliki.
Itulah dua cara membuat bootable yang bisa anda lakukan sesuai dengan langkah – langkah yang dianjurkan oleh Microsoft. Sebenarnya, anda bisa juga menggunakan cara ini di versi windows lainnya. Hanya saja, untuk file ISO nya harus bisa anda dapatkan dengan cara lain tentunya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu