Inilah 5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Mudah dan Efektif

Cara Mengatasi Komputer Lemot – Permasalahan seperti komputer yang melambat seringkali terjadi disela-sela aktivitas yang sedang kamu lakukan. Hal ini selain merugikan, tentu si pengguna juga akan banyak kehilangan waktu sehingga pekerjaan yang seharusnya selesai menjadi terbengkalai.
Masalah komputer atau laptop yang lemot memang disebabkan oleh beberapa komponen komputer yang tidak mendukung, baik itu dari komponen hardware ataupun softwarenya. Kini jika masalah seperti ini terjadi pada komputer yang kamu gunakan, berikut cara mengatasi komputer lemot paling efektif.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

  • Hapus atau Unistall Program yang Tidak Terlalu Penting
Biasanya penyebab komputer jadi lemot bisa karena banyaknya program atau aplikasi yang masuk dan terinstal di komputer. Semakin banyaknya program komputer yang ada, maka kinerja komputer juga semakin berat dan menyebabkan sistem menjadi lambat dalam merespon.
Kamu bisa memperhatikan program apa saja yang ada di komputer. Jika sekiranya program tersebut banyak yang tidak terpakai dan kamu anggap kurang penting sebaiknya harus atau unistall agar meringankan beban kerja sistem komputer.
  • Kurangi Program yang Dijalankan Start Up
Untuk mengurangi beban komputer agar tidak terjadi kelambatan, maka kamu bisa mengurangi program yang sedang dijalankan di Start up. Program Start up adalah program yang langsung aktif ketika komputer pertama dinyalakan. Jika terlalu banyak, tentu beban kinerja komputer akan semakin berat dan menjadi lemot.
Kamu bisa menguranginya dengan cara tekan tombol Windows + R -> tuliskan “msconfig” kemudian pada program start up  hapus program yang sedang berjalan. Cara ini bisa mengatasi komputer yang lemot.
  • Pastikan Anti Virus Komputer Terupdate

Virus menjadi permasalahan utama di komputer, selain dapat mempengaruhi kerja sistem, virus juga dapat merusak perangkat software jika dibiarkan. Untuk cara mengatasi komputer yang lemot dengan cepat, pastikan jika anti virus pada komputer kamu sudah terupdate secara otomatis.

  • Lihat Apakah Terjadi Kerusakan Pada Komponen Komputer atau Tidak

Lemotnya kinerja komputer bisa dipengaruhi banyak faktor salah satunya seperti terjadinya kerusakan pada komponen komputer seperti hardisk. Hardisk adalah sebuah komponen dalam komputer yang digunakan untuk menyimpan beberapa file dasar, komponen ini yang paling peka dibanding komponen lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan, maka akan berpengaruh pada kinerja sistemnya.

  • Update Sistem Komputer dengan yang Baru

Sistem komputer lama biasanya sudah tidak mendukung dengan beberapa program yang ada di komputer. Bisa jadi permasalahan ini yang menyebabkan kinerja komputer jadi lemot. Cara mengatasi komputer lemot dengan mudah seperti ini kamu bisa lakukan update sistem komputer dengan yang baru.

Itulah 5 cara mengatasi komputer lemot dengan mudah dan cepat. Cara diatas dapat kamu lakukan jika sewaktu-waktu sistem komputer lemot dalam respondingnya. Semoga cara tersebut dapat membantu kamu menuntaskan permasalahan komputer yang lemot.

Tinggalkan Balasan

Close Menu