Inilah Macam Macam Virus Trojan yang Perlu Diketahui

Inilah Macam Macam Virus Trojan ~ Memiliki teknologi yang canggih bukan berarti serta merta membuat kita nyaman dan dipermudah segalanya. Belakangan sempat membuat resah masyarakat tentang Virus Trojan. Penting untuk kita ketahui bahwa virus ini membawa beberapa dampak buruk bagi pengguna internet. Pengertian serta macam – macam Virus Trojan bisa anda simak dibawah ini.
Mengenal Virus Trojan
Virus ini adalah bagian dari malicious software yang memiliki fungsi – fungsi tidak diketahui tujuannya. Namun, jika dilihat secara garis besar sifatnya memang merusak. Virus Trojan tidak membawa pengaruh secara langsung seperti virus lainnya tetapi potensi bahayanya tergolong lebih besar.
Biasanya, virus ada di dalam system computer yang merupakan suatu program dan tidak diharapkan atau disisipkan tanpa sepengetahuna pemilik computer atau laptop. Program ini nantinya bsia diaktifkan dan dikendalikan dari jarak jauh dan menggunakan timer atau pewaktu. Tentu ini sangat merugikan anda.
Yang penting untuk diketahui adalah salah satu indikasi bahwa computer anda terkena Virus Trojan adalah jika computer anda terhubung pada internet, seperti chatting atau cek email tetapi harddisk tetap bekerja atau dalam kondisi busy di waktu yang lama. Anda juga tidak sedang menjalankan aplikasi besar. Jika ini terjadi, patut dicurigai adanya penyusupan.

Berbagai macam Virus Trojan memang sudah beredar dan membuat rugi pengguna. Seroang pakar dalam bidang system keamanan, Dancho Dachev membuat klasifikasi Virus Trojan berdasarkan ciri – cirinya seperti:

Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer Dari Virus

Inilah Macam Macam Virus Trojan

1. Trojan Remote Access

Virus Ini adalah yang paling popular. Penyerang menggunakan jenis ini karena mudah dalam, penggunaanya. Prosesnya tinggal menunggu anda menjalankan Virus Trojan sebagai server. Lalu jika penyerang memiliki IP address anda, maka penyerang memiliki akses penuh terhadap komputer anda. Contohnya seperti Back Orifice untuk korban, BOGUI.EXE untuk penyerang mengendalikan komputer korban.

2. Trojan Password Sender

Tujuan jenis ini adalah mengirimkan password yang ada di computer korban ke email khusus yang disiapkan. Misalnya password yang disadap adalah ICQ, IRC, HTTP, dan aplikasi lain yang mengharuskan pengguna memasukkan password dalam proses log innya. Biasanya menggunakan port 25 dalam mengirim email. Jenis ini jelas berabhaya untuk keberlangsungan informasi dalam akun berpassword anda.

3. Trojan File Transfer Protocol
Virus Trojan selanjutnya adalah yang paling sederhana. Hanya memiliki satu fungsi yakni membuka port 21 dan menyebabkan mudahnya seseorang memiliki FTP client untuk masuk ke computer korban tanpa menggunakan password juga melakukan download dan upload file.
4. Keyloggers

Sementara jika keyloggers, jenisnya memang sederhana dengan fungsi untuk merekam atau mencatata ketukan tombol saat anda melakukan pengetikan dan bisa menyimpan dalam log file. Jika anda mengetukkan tombol dalam memasukkan username dan password, keduanya bisa diperoleh juga untuk disimpan. Virus Trojan bisa dijalankan pada saat computer keadaan online maupun offline. Bisa mengetahui korban sedang melakukan aktivitas apa dan merekam segala sesuatunya.

Setelah mengetahui apa itu Virus Trojan di era digital ini, semoga kita bisa terhindar agar aktivitas anda di internet bisa lancar dan aman. Lakukan penanggulangan segera jika anda menemukan indikasi seperti yang tertera diatas.

This Post Has One Comment

  1. Waow info yang sangat bermanfaat gan
    Untuk menghindari virus trojan agar tidak terkena…
    Makasih infonya

Tinggalkan Balasan

Close Menu