Pengertian dan Fungsi Swap Pada Linux

Kegunaan Swap Pada Linux ~ Yoo bertemu lagi dengan saya admin kujangtekno , pada  kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa sih pengertian partisi swap pada linux serta kegunaan nya , mungkin bagi para pengguna linux partisi swap itu sudah tidak asing lagi tapi apakah kalian sudah tau pasti kegunaan partisi swap tersebut? nah maka dari di sini saya akan membahas nya, soo langsung saja di simak ya.

Pengertian Partisi Swap di Linux
Swap adalah sebuah partisi yang di ambil dari ruang harddisk yang di gunakan untuk kebutuhan virtual memory. Saat beban pada RAM berlebih atau sudah penuh maka beban akan di bagi ke virtual memory atau partisi swap, jadi simpel nya adalah swap itu adalah sebuah virtual memory yang di tugaskan untuk membantu RAM dalam menangani kebutuhan komputer / laptop.

Fungsi Dari Partisi Swap
fungsi dari swap sendiri adalah tambahan memory untuk menjalakan sebuah atau beberapa aplikasi , terkadang untuk menjalankan sebuah aplikasi atau bahkan melakuka multitasking akan memakan ruang memory yang banyak , jika kondisi itu terjadi maka swap akan membantu memory agar aplikasi berjalan secara optimal. juga pada saat proses hibernasi yang mana isi dari memory akan di disalin ke dalam partisi swap sebelum mematikan mesin.

Ukuran Ideal Untuk Partisi Swap 
untuk ukuran ideal partisi swap sendiri itu sebenarnya sekarang banyak yang memperdebatkan nya , ada yang bilang ideal nya adalah 2x ram tetapi ada juga yang bilang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan sendiri. menurut saya adalah untuk partisi swap itu ukuran nya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri karna jika memakai patokan 2x ram untuk laptop / komputer jaman sekarang itu akan membuang banyak ruang harddisk , coba kalian  bayangkan saja jika saya mempunyai komputer yang RAM nya 16 GB masa iya saya menggunakan 32GB hanya untuk sebuah partisi swap ? kecuali jika RAM laptop/ komputer kalan itu masih dibawah 2GB masih mungkin jika menggunakan 2x RAM. jika kalian masih ragu coba saja kalian coba di virtual machine dan kalian banding kan sendiri jika menggunakan 2x ram dan hanya sebutuh nya saja , pasti tidak akan terlalu terasa efek nya bila ram nya besar.

Macam macam Partisi Swap
swap itu bisa berbentuk partisi maupun file , jika kalian menggunakan swap yang berbentuk partisi maka kalian mempunyai kelebihan jika kalian memasang lebih dari 1 varian linux kalian tidak perlu repot membuat banyak partisi swap jadi kalian hanya memerlukan 1 partisi swap untuk 2 atau bahkan lebih varian linux.
swap yang berbentuk file ini di buat menyatu dengan partisi system , kelebihannya adalah kapasitas swap nya fleksibel atua bisa di ubah-ubah sewaktu-waktu, jadi jenis swap ini akan sangat cocok bagi kalian yang ingin fleksibilitas dalam penggunaan swap , namun jika kalian memakai jenis ini maka jika kalian memakai lebih dari 1 varian linux maka di setiap varian linux tersebut harus ada swap file tersebut.

Nah segitu saja pada kesempatan kali ini ya jika masih ada yang kurang atau ada yang ingin di koreksi bisa kalian cantumkan di kolom komentar atau dapat menghubungi saya via sosial media yang tertera ya, oke see you next time.

This Post Has 0 Comments

  1. MANTAP, SANGAT BERMANFAAT. TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Close Menu