Ucapkan Selamat Tinggal Pada Disk Cleanup Windows 10

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Disk Cleanup

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Disk Cleanup ~ Yoo apa kabs ? sepertinya kita user windows 10 harus mengatakan selamat tinggal kepada disk cleanup. Mulai di windows 10 dengan update oktober nanti Disk Cleanup bakal di gantikan sepenuhnya dengan Storage Sense.

Ya memang sih Disk Cleanup bakal tetap ada di windows 10 update oktober tapi hanya sekedar kompatibilitas doang , dengan status menjadi Deprecated (tidak dikembangkab lagi) dan mungkin saja akan benaran di buang dari windows 10 di update nanti. Storage Sense sebagai pengganti dari Disk Cleanup pasti akan lebih canggih, fungsi utama dari Storage Sense tentu saja masih sama dengan Disk Cleanup namun dengan tambahan fitur canggih. Dengan Storage Sense kalian bisa menghapus file-file sampah secara otomatis bila penyimpanan sudah hampir penuh atau bisa juga di setting menjadi beberapa hari sekali.

Dan di update oktober nanti pun Storage Sense akan mendapatkan fitur tambahan yaitu OneDrive Files On-Demand. jadi jika diaktifkan fitur ini maka secara otomatis Storage Sense akan memonitoring file. Setting Defaultnya ketika penyimpanan sudah mulai penuh akan memindahkan file yang jarang atau bahkan tidak pernah di sentuh ke OneDrive, tapi tenang saja filenya tetap dapat di cari melalui Expoler kalian namun sifat nya on-cloud/online tapi seolah-olah on-disk/offline, dan akan terdownload saat dibuka file nya.

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Disk Cleanup

Fitur pemindahan file yang jarang di sentuh dari penyimpanan ke OneDrive ini disebut dengan Dehydration. Menurut saya fitur ini sangat efektif dalam pengelolaan penyimpanan lokal, namun fitur ini akan sangat merugikan kouta jika kalian menggandalkan koneksi internet dari tethering hp , bagaimana tidak selama PC kalian terkoneksi internet maka secara otomatis kalian akan melakukan proses upload/download. Hanya file yang kalian atur jadi “always available” yang tidak akan dipindahkan ke OneDrive, sisanya akan dipindahkan untuk mengosongkan storage. jadi terbayangkan berapa banyak kouta yang terpakai 🙁 tapi beda cerita jika kalian menggunakan Wifi macam Indihome atau lain nya.

Jadi gimana menurut kalian ? apakah pergantian Disk Cleanup menjadi Storage Sense worth it ?, kalo menurut saya sendiri Storage Sense sendiri sangat worth it untuk menggantikan Disk Cleanup. Sepertinya cukup segini saja ya , see you next time.

Sumber : Winpoin

Tinggalkan Balasan

Close Menu